Informasi Penggunaan di Luar Negeri

Ketentuan Sebelum Penggunaan

  • Pastikan Anda memiliki Kartu atas nama Anda
    • Hanya Nasabah yang bersangkutan yang dapat menggunakan kartu.
    • Segala bentuk kesalaham dan masalah yang timbul akibat penggunaan oleh orang lain (termasuk keluarga) sepenuhnya adalah tanggung jawab Nasabah.
    • Dalam diperlukannya penggunaan oleh anggota keluarga, disarankan untuk melakukan permintaan penerbitan Kartu Tambahan.

  • Pengecekan Ejaan Nama
    • Apabila nama yang tertera di kartu berbeda dengan nama Paspor bisa saja timbul batasan dalam penggunaan kartu.
    • Harap memastikan kembali nama di paspor dengan nama di kartu sebelum keberangkatan, apabila terdapat perbedaan harap melakukan penerbitan ulang.

  • Persetujuan Tanda Tangan di Bagian Belakang Kartu
    • Ada beberapa merchant Internasional yang menolak kartu yang tidak ditandatangani. Harap tanda tangani kolom tanda tangan di belakang kartu untuk menghindari penolakan kartu.

  • Pengecekan masa berlaku kartu dan lama tinggal di luar negeri
    • Untuk rencana tinggal di luar negeri dalam jangka waktu panjang, harap memeriksa sisa masa berlaku kartu terlebih dahulu.
    • Apabila masa berlaku kartu akan habis saat Anda di luar negeri, harap melakukan permintaan pembaharuan kartu (penerbitan perpanjangan).

Ketentuan Penggunaan

  • Hotel/Rental Mobil di Luar Negeri
    • Apabila melakukan pemesanan dengan kartu tapi akan melakukan pembayaran dengan tunai atau kartu lain, harap waspada karena ada keadaan di mana pembayaran otomatis dilakukan dengan menggunakan nomor kartu yang disertakan saat pemesanan. Untuk menghindari adanya kesalahan, harap memastikan kembali ke bagian resepsionis hotel mengenai tagihan pembayaran.
    • Apabila hendak membatalkan pemesanan hotel, berdasarkan ketentuan pemesanan biasanya akan ada denda atau No-show charge (Biaya hotel satu malam). Harap memastikan kembali proses pembatalan Anda.
    • Penggunaan mini bar, pembayaran denda pelanggaran lalu lintas dan lain-lain akan ditambahkan ke total tagihan hotel atau rental mobil Anda.

  • Pembatalan atau Pengembalian
    • Perusahaan penerbit kartu tidak memiliki hak untuk membatalkan transaksi. Maka untuk pembatalan transaksi diperlukan dokumen pernyataan pembatalan atau bukti yang diperlukan.
    • Apabila hendak membatalkan pemesanan hotel atau rental mobil wajib mendapatkan kode pembatalan. Bila diperlukan minta keterangan dokumen pembatalan dari manajer yang bertanggung jawab untuk digunakan sebagai bukti apabila muncul masalah.
    • Sama halnya dengan transaksi melalui website. Wajib mencetak layar website dan harap disimpan sebagai bukti.
    • Apabila terjadi ketidakpuasan atau masalah harga setelah berbelanja di luar negeri, pembatalan transaksi (refund) tidak dapat dilakukan tanpa persetujuan dari merchant yang bersangkutan.

  • Restoran/Tempat Hiburan
    • Apabila melakukan pembayaran dengan cara memberikan kartu pada pegawai restoran atau tempat hiburan, harap waspadai kemungkinan terjadinya pembayaran ganda. Anda diharapkan untuk langsung melakukan pembayaran di kasir dan memastikan kembali nilai transaksi Anda.
    • Untuk restoran di luar negeri akan ada kemungkinan adanya tambahan 20% tagihan untuk tip. Saat melakukan pembayaran cek kembali keterangan tentang tip. Apabila Anda melakukan pembayaran termasuk tip, beri tanda X pada kolom tip.
    • Harap berhati-hati terhadap bahaya penipuan yang sering terjadi di pusat-pusat hiburan di berbagai negara.

  • Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Transaksi Internet
    • Untuk penggunaan di website (game, jurnal, musik dan lainnya) yang mana dilakukan pendaftaran menggunakan nomor kartu dan masa berlaku kartu, tagihan akan masuk secara berkala sesuai dengan syarat dan ketentuan website terkait.
    • Untuk pendaftaran ke website berbayar, ada website yang menggunakan persyaratan sekali bayar, ada juga yang mencantumkan ketentuan persetujuan pembayaran secara berkala perbulan atau per tahun selama menjadi anggota.